Maknai HUT ke-58 HKN, Dinkes Tanbu Undang Purnatugas

BATULICIN - Berbagai lomba memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). HKN bertema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku" ini dipusatkan di Pantai Pagatan dan diikuti sekitar 1.600 orang.

Pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanbu, Hj Mariani menandai dibukanya kegitan ini. Juga hadir Ketua PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti, serta kepala SKPD terkait lainnya.

Menurut Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi, HKN ke-58 jatuh pada tanggal 12 November 2022, di mana di jajaran Dinkes Tanbu dilakukan kegiatan ramah tamah atau konsolidasi kepada seluruh jajaran Dinkes.

"Kita pusatkan di Pantai Pagatan, dan acara ramah tamah ini menjadi acara sirahturahmi, baik dari Dinkes, 14 Puskemas, dan seluruh klinik-klinik di Kabupaten Tanah Bumbu. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan HUT ke-58 HKN," jelasnya.

Di momen ini, Dinkes Tanbu juga mengundang para purnatugas yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan. Ada sekitar 27 purnatugas yang diundang, dan diwakili empat purnatugas. Mereka sudah berusia 65 tahun.

"Kita harus memberikan semangat terhadap purnatugas. Tadi saat pemotongan nasi tumpeng, saya sampaikan kepada para punatugas, di mana jasa mereka harus kita hargai, karena mereka adalah orang-orang terbaik dari tenaga kesehatan, kita sangat memperhatikan mereka," paparnya.

Di antara lomba yang digelar masih terkait dengan penanganan stunting, prokes, dan cara pembasmian sarang nyamuk. Selain itu, Dinkes Tanbu juga akan menggelar apel bersama pada Senin depan.

"Nanti bebagai kegiatan vaksinasi 1 sampai vaksin booster dan acara sunatan serta lain-lainnya diadakan  pada Senin di Kantor Bupati Tanbu," pungkas Budi.[joni]