Porprov Kalsel Berakhir, Balangan Duduki Peringkat Sembilan

PARA Atlet yang memperoleh medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten HUlu Sungai Selatan.| foto : istimewa

PARINGIN - Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel XI resmi berakhir, Minggu (13/11/2022). Kontingen Kabupaten Balangan menduduki peringkat sembilan dengan 18 medali emas, 19 perak dan 36 perunggu. Total ada 72 medali yang berhasil dibawa pulang.

Cabang olahraga penyumbang medali emas sendiri di antaranya Sambo dengan 6 emas, Gulat 4 emas, Panahan 2 emas. Sisanya masing-masing satu medali emas diraih Cabor E-sport, Loncat Indah, Angkat Besi, Balap Motor, Biliar dan Judo.

Ditemui di sela acara penutupan Porprov Kalsel ke-XI di Stadion 2 Desember Kabupaten HSS, Bupati Balangan, Abdul Hadi, sangat mengapresiasi kerja keras seluruh atlet, pelatih dan official Kabupaten Balangan yang sudah berjuang maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Bumi Sanggam.

“Alhamdulillah target kita tercapai, masuk sepuluh besar, yaitu berada di posisi ke sembilan dari 13 kabupaten kota se-Kalsel. Tidak menjadi juru kunci lagi,” ucapnya bersyukur.

Tidak lupa, Abdul Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada KONI Balangan serta Disporaparbud setempat, yang sudah bekerja sama untuk kelancaran persiapan hingga keberangkatan kontingen ke Porprov di Kabupaten HSS kemarin.

Sementara itu, Ketua KONI Balangan, Syamsudinoor mengatakan, kontingen Kabupaten Balangan bukan hanya berhasil finish di urutan ke sembilan, namun juga mampu meningkatkan total perolehan medali dibandingkan Porprov Kalsel X tahun 2017 di Kabupaten Tabalong lalu.

“Tahun 2017 lalu Balangan mengoleksi total 43 medali, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 72 medali. Tentunya raihan medali emas juga meningkat, dari 1e menjadi 18,” paparnya yang juga merupakan anggota DPRD Balangan.

Syamsudinnor yang baru menjabat sebagai Ketua KONI Balangan sejak Mei 2022 tadi ini berharap, kedepannya para atlet terus giat dalam berlatih, agar bisa mempertahankan bajak meningkatkan peringkat Kabupaten Balangan pada Porprov Kalsel yang akan datang.

“Pembinaan tentunya akan semaksimal mungkin kita lakukan, bonus bagi atlet berprestasi juga akan kita berikan, di luar dari bonus yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah,” katanya.

Ada hal menarik pada gelaran Porprov kali ini, Ketua KONI Balangan, Syamsudinnor juga berhasil menyumbangkan medali as untuk kontingen Kabupaten Balangan. Pria yang sapaan akrabnya Pambakal Sudi dan merupakan atlet biliar tersebut, meraih medali emas di nomor Ganda Putra Bola 9.[martino]