Desa Pangkan Masuk Dalam Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional

Desa Pangkan Masuk Dalam Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional

PENGURUS Perpustakaan Desa Pangkan

 

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur patut berbangga. Pasalnya perpustakaan desa yang menjadi binaanya menorehkan prestasi di tingkat nasional. 

Perpustakaan Desa Pangkan Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur berhasil masuk dalam 30 perpustakaan terbaik tingkat nasional total dari 736 perpustakaan seluruh Indonesia. Penyerahan hadiah pemenang dilakukan pada kegiatan Peer learning Meeting (PLM) tanggal 4 s/d 7 Desember 2022 di Surabaya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur Drs. Darius Adrian, MSi melalui pers rilisnya yang disampaikan kepada Kontibutor MMC Bartim menjelaskan Desa Pangkan Kecamatan Paku keluar sebagai yang terbaik tingkat nasional karena telah mengimplementasikan program transformasi  perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022 . 

“Luar biasa Perpustakaan Desa Pangkat terbaik tingkat nasional.  Perpusdes Pangkan memang benar melaksanakan kegiatan. Dalam kegiatan itu Desa Pangkan melibatkan masyarakat,” terang Darius, Rabu (7/12/2022).

Darius menjelaskan, Desa Pangkan telah melaksanakan kegiatan transformasi  perpustakaan berbasis inklusi sosial diantaranya  kursus komputer, kursus bahasa Inggris,  keterampilan PKK,  serta seni tari khusus anak-anak.

“Setiap ada kegiatan di desa maupun luar desa, kelompok tari ini selalu tampil. Program ini memang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Darius 

Keberhasilan salah satu perpustakaan desa di wilayah Kabupaten Barito Timur ini mengukir prestasi di tingkat Nasional, menjadi motivasi bagi jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bartim untuk berbuat lebih banyak lagi. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan mengatakan untuk tahun 2023  pelaksanaan kegiatan program inklusi berbasis sosial akan di tingkatkan. 

Perpustakaan yang mendapat program akan benar-benar di seleksi dan harus menandatangani komitmen, agar benar melaksanakan program tersebut untuk mensejahterakan masyarakat.

Sekedar diketahui penyerahan hadiah perpustakaan terbaik tingkat nasional dilaksanakann di Surabaya. Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan Peer learning Meeting yang di laksanakan dari tanggal  4  s/d 7 Desember 2022. Dari Kabupaten Barito Timur dihadiri oleh PIC Kabupaten Ernawaty, S. Pd,  Fasilitator Daerah Yensi, S. Sos., MM dan Zahid (Konsultan Regional II).[adv]

Lebih baru Lebih lama