Desa Siong Mulai Pembibitan Komoditas Hortikultura

HASIL pembibitan kelompok tani Desa Siong

 

TAMIANG LAYANG - Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Sido Hante Desa Siong Kabupaten Barito Timur mulai melakukan pembibitan tanaman hortikultura untuk memenuhi kebutuhan pasar serta memanfaatkan musim hujan Oktober 2022 hingga Maret 2023.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Lukmanul Chakim yang secara intensif melakukan pendampingan kepada kelompok tani menjelaskan, bibit komoditas hortikultura yang disiapkan oleh Gapoktan Sido Hante yaitu semangka, cabe dan tomat.

"Ada 3 kelompok tani yang tergabung di sini dengan jumlah petani yang mengembangkan komoditas tersebut sebanyak 16 orang," ujarnya kepada awak media, Rabu, (07/12/2022).

Menurut Lukman, cabe merupakan salah satu di antara komoditas yang dikembalikan karena komoditas ini turut menyuplai inflasi nasional.

"Komoditas yang dipilih ini juga peluang pasarnya terbuka luas karena sebagian besar hortikultura masih didatangkan dari Kalimantan Selatan," jelasnya.

Karena itu BPP Paju Epat bersama Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL yang bertugas di setiap desa terus melakukan pendampingan agar pengembangan komoditas hortikultura tersebut berhasil.

"Kami dari BPP berharap dengan adanya pembibitan ini mampu menjaga ketersediaan dan distribusi komoditas hortikultura sehingga terjadi keseimbangan permintaan dan suplai komoditas hortikultura di Kecamatan Paju Epat dan menjaga ketahanan pangan Kabupaten Barito Timur," jelas Lukman.[adv]