OPD Pemkab Kapuas Diharapkan Pahami Pengarusutamaan Gender (PUG)

RAKOR PUG di Kabupaten Kapuas.| foto : hmskmfkps

KUALA KAPUAS - Para kepala Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kapuas diharapkan dapat memahami tentang pengarusutamaan gender (PUG). Hal ini bertujuan agar  dapat membuat perencanaan program kegiatan yang responsif gender.

Sekretaris Daerah (Sekda)  Kapuas, Septedy menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG), di Ruang Rapat Bupati Kapuas, Kamis awal Desember 2022 lalu.

"Para kepala Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kapuas diharapkan dapat memahami tentang pengarusutamaan gender (PUG). Hal ini bertujuan agar  dapat membuat perencanaan program kegiatan yang responsif gender," kata Septedy, Kamis (8/12/2022).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas  P3APPKB yang sudah mensosialisasikan dan memperkenalkan terkait PUG.

Menurutnya, diketahui bahwa setiap program itu sudah dilimpahkan ke satu Dinas tetapi tetap semua OPD bekerja sama.

“Jadi mari sama-sama kita belajar, ketika bersama belajar agar kita bisa saling bertukar informasi, saya juga minta jajaran OPD melihat lagi mana prioritas kita yang harus dikerjakan dari beberapa aspek PUG ini,” kata Septedy.

Rakor tersebut dihadiri Plt. Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas dr. Tri Setyautami, Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty dan jajaran OPD Kabupaten Kapuas.[aan/adv]