Pemkab Bartim Bentuk Germas, Ini Tujuannya!

Pemkab Bartim Bentuk Germas, Ini Tujuannya!

Dr.JIMI bersama jajajaran sampaikan sambutan

 

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan setempat, Selasa (06/12/2022) menggelar rapat pembentukan Forum Kokunikasi Lintas Sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan ini dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bartim. 

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melalui Kepala Dinas Kesehatan dr.Jimi W.S Hutagalung, MM.Kes kepada Kontributor MMC Bartim menjelaskan, pembentukan Forum Komunikasi Lintas Sektor Germas ini bertujuan untuk meningkatkan promosi kesehatan untuk gerakan masyarakat hidup sehat Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kab.Bartim ini mengatakan ada sepuluh OPD yang dilibatkan langsung dalam Forum Komunikasi Lintas Sektor Germas Kabupaten Barito Timur.

Sepuluh OPD itu yakni Disbudparpora, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Disdagkop dan UKM, DLH, Diskominfosantik dan DP3AKB Kabupaten Barito Timur.

Pria yang sempat menjabat sebagai direktur RSUD Tamiang Layang ini memaparkan, setiap OPD yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lintas Sektor Germas memiliki tugas teknis sesuai dengan fungsinya. 

Tugas teknis OPD ini nanti akan dituangkan dalam surat Keputusan Bupati Barito Timur tentang Pembentukan Forum Komunikasi Lintas Sektor dalam Program Peningkatan Promosi Kesehatan untuk Gerkan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Barito Timur," jelas Jimi.

Disamping membahas pembentukan Forum Komunikasi Lintas Sektor Germas, dalam rapat itu juga dibahas draf Peraturan Bupati Barito Timur tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sahat. 

Sebelum pembentukan Forum Komunikasi Lintas Sektor Germas dan pembahasan draf Peraturan Bupati Barito Timur tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sahat, pada rapat itu juga dijelaskan oleh Dinas Kesehatan tentang apa itu gerakan masyarakat hidup sehat.

Lebih lanjut dikatakan Jimi, Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

“Kita berharap melalui gerakan masyarakat hidup sehat ini, semua kompenen bisa menjaga kesehatanya, bisa lebih produktif, serta lingkungan tetap terjaga  dan sehat,” pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama