Tutup 2022, DPMD Tanbu segera Ekspos Inovasi Desa

Tutup 2022, DPMD Tanbu segera Ekspos Inovasi Desa

BATULICIN - Rapat Koordinasi akhir tahun 2022, segera digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, tepatnya di kawasan destinasi wisata alam Goa Liang Bangkai, bagian dari geopark Meratus.

Rakor rencananya langsung dipimpin Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar. Dalam Rakor ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menyampaikan ekspos terkait inovasi di setiap SKPD.

Rencana ini seperti diungkapkan Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir kepada wartawan grapena.com, Selasa (20/12/2022). 

"Rapat lanjut akan dilaksanakan akhir Desember 2022 dan diikuti seluruh kepala dinas di Tanah Bumbu. Salah satu agenda yang akan disampaikan DPMD Tanbu, adalah masalah program inovasi tentang bagaimana mengelola BUMDes, di Tanah Bumbu dalam rangka pemulihan ekonomi," jelasnya.

Samsir berharap BUMDes ke depan menjadi primadona di Kabupaten Tanah Bumbu. Jika tidak ada lagi dana desa, tentu keberadaan BUMDes dimaksudkan sebagai langkah antisipasi. Tentunya perlu gerakan inovasi peningkatan usaha BUMDes.

"Mudah-mudahan di Tanah Bumbu dapat kita wujudkan, karena perbankan berkomitmen akan meningkatkan dan mendorong BUMDes melalui suntikan-suntikan dana ke BUMDes," imbuhnya.

Untuk itu, BUMDes ini menjadi harapan dan bisa bekerjasama dengan UMKM yang ada di desa. UMKM ini bisa menjadi satu pintu ketika aplikasi dibuat. UMKM-UMKM juga dapat dipromosikan melalui aplikasi tersebut.

"Jadi ekspos nanti terkait inovasi yang bergerak dalam pemulihan ekonomi BUMDes, juga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak secara bergelombang di bulan Maret, di mana ada sebanyak 54 desa dan September sebanyak 57 desa tahun 2023," pungkas Samsir.[joni]
Lebih baru Lebih lama