Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Bartim Lepas Pawai Takbiran

Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Bartim Lepas Pawai Takbiran

SEKDA Barito Timur, Panahan Moetar memukul gong pelepasan peserta pawai takbiran.| foto : yovan

TAMIANG LAYANG - Pawai takbiran turut menandai penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah.

Pawai ini dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bartim, Panahan Moetar, didampingi pimpinan Forkompimda dan panitia pelaksana kegiatan di halaman kantor Bupati, Jumat (21/4/2023).

Bupati Bartim, Dr Ampera AY Mebas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Panahan mengatakan, pawai takbiran ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bartim dan bekerja sama dengan panitia Hari Besar Islam (HBI).

"Hari ini adalah hari kemenangan yang dirayakan dengan suka cita dengan gema takbir, tahmid dan tahlil, tak terkecuali bagi masyarakat Barito Timur," sebut Panahan.

Setelah sekian lama tidak terlaksana acara yang menjadi tradisi sejak pandemi mewabahnya Covid-19, beberapa aktivitas di setiap daerah terhenti, namun sekarang dapat terlaksana kembali.

"Pawai takbir merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat kita dan hal tersebut perlu kita lestarikan sebab pawai takbir adalah salah satu upaya kita bersama dalam rangka meningkatkan syiar Islam, ukhuwah Islamiah, persatuan dan kesatuan umat," ungkapnya.

Bupati juga berharap kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan sesama muslim dan dapat berdampak khalayak luas secara umum juga menjadi sarana efektif untuk membina hubungan yang harmonis diantara umat beragama.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah berperan serta atas terselenggaranya kegiatan ini. Juga kepada Kapolres Barito Timur beserta jajarannya yang bertugas menjaga penyelenggaraan Pawai Takbir dengan aman, tertib dan lancar," pungkasnya.

Tampak terlihat antusias masyarakat yang turut serta menonton lomba Pawai Takbiran yang telah berlangsung dengan pengawalan ketat dari Polres Bartim, Dinas Perhubungan dan Satuan polisi Pamong Praja.[yovan]


Lebih baru Lebih lama