Bupati Ampera Inspekturi Upacara Peringatan Hardiknas 2023 di Bartim

Bupati Ampera Inspekturi Upacara Peringatan Hardiknas 2023 di Bartim

FOTO bersama usai upacara peringatan Hardiknas 2023 di Bartim.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023.

Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati itu diinspekturi oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Selasa (2/5/2023).

Melalui kesempatan itu, Bupati Ampera membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato yang dibacakan Bupati Ampera, Menteri Nadiem  mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

"Hari ini adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan," ujar Bupati menyampaikan pidato Menteri Nadiem.

Ditengah hantaman ombak yang sangat besar, terangnya, terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang mana di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Kurikulum Merdeka, lanjutnya, berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, dan terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. 

Kini, bebernya, Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

"Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk 'menghukum' guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan," harapnya.

Hadir dalam upacara Hardiknas itu, diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Instansi Vertikal, Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan Perusahaan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pendidikan, Guru-guru tingkat SD, SMP dan SMA/SMK serta perwakilan peserta didik SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Bartim.[yovan]

Lebih baru Lebih lama