Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Warga Pesisir, Puskesmas di Kecamatan Dapat Ambulans Laut

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Warga Pesisir, Puskesmas di Kecamatan Dapat Ambulans Laut


KOTABARU - Untuk menunjang pelayanan kesehatan, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar menyerahkan ambulans laut untuk daerah pesisir dan kepulauan di empat Kecamatan.

Empat Puskesmas yang mendapat fasilitas ambulans laut di Kecamatan, yakni Puskesmas Marabatuan, Puskesmas Tanjung Lalak, Puskesmas Tanjung Samalantakan dan Puskesmas Pudi.

Penyerahan dihadiri Direktur Rumah Sakit Sambang Lihum Kalsel, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, perwakilan Forkopimda, Kepala Puskesmas di 4 Kecamatan, Rabu (27/9/2023).

Bupati Sayed mengatakan, pengadaan alat kesehatan berupa ambulans laut yang diserahkan ini diharapkan dapat mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik dan menjangkau hingga ke plosok desa, khususnya masyarakat pesisir agar mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

"Ambulans laut ini untuk akses pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kondisi geografis Kotabaru yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat masih adanya kendala transportasi bagi pasien dari Kecamatan apabila harus dirujuk ke RSUD," ucap Bupati.

Sayed berharap dengan kehadiran ambulans laut ini dapat membantu peningkatan dan kecepatan layanan kesehatan bagi warga yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

"Dengan adanya ambulance laut tersebut tidak ada lagi masyarakat di daerah kepulauan atau masyarakat pesisir kesulitan untuk dibawa ke rumah sakit rujukan guna mendapatkan layanan kesehatan," harapnya.

Ia berpesan kepada Camat dan Kepala Puskesmas yang mendapatkan ambulans laut, agar sarana kesehatan ini bisa dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar bisa bermanfaat untuk masyarakat yang berdomisili di wilayah kepulauan dalam jangka waktu panjang.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak menambahkan, penyerahan ambulans laut ini melalui dana DAK Kementerian Kesehatan.

"Yang mana kita mendapatkan 4 unit ambulans laut, yakni Puskesmas Marabatuan, Puskesmas Tanjung Lalak, Puskesmas Tanjung Samalantakan dan Puskesmas Pudi," ujarnya.

Erwin menyebut penyerahan ambulans laut ini sesuai arahan Bupati Kotabaru yang diperjuangkan untuk daerah sulit dijangkau dengan darat, sehingga nanti akan diberikan ambulans laut seperti yang sudah ada ini.

"Kita juga sudah menyampaikan kepada seluruh Puskesmas agar dalam perawatan untuk menjaga yang ahli dalam bidang speed supaya nantinya saat dioperasikan ambulans laut ini supaya berjalan dengan lancar," terang Erwin.

Di kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pelayanan kesehatan melalui dana pendamping untuk masyarakat miskin/tidak mampu di Kotabaru oleh Dr. dr. Anna Martiana Afida (spesialis psikologi klinik MP) selaku Direktur RS Sambang Lihum Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama