Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Jadi Sarana Pendukung Kemajuan Desa

Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Jadi Sarana Pendukung Kemajuan Desa


BUNTOK – Pengembangan ekonomi kerakyatan di kawasan pelosok desa, merupakan salah satu sarana pendukung dalam meningkatkan kemajuan ekonomi.

Karena itu, perangkat desa harus bekerja secara maksimal untuk memajukan daerahnya, seperti di kawasan desa pelosok yang masih banyak pembangunannya belum tersentuh.

"Kades dalam pembangunan di daerah, tentunya penting. Ini juga mengingat perannya merupakan cermin maju mundurnya penyelenggaraan pembangunan di suatu desa," ucap Asisten I Setda Barsel, Yoga P Utomo, Rabu (22/11/2023).

Menurutnya, Kades harus proaktif memantau dan memprogramkan kebutuhan desa binaan di wilayahnya. Ini agar desa menjadi maju dan meningkat seiring kemajuan era globalisasi saat ini. Pastinya pemerintahan desa juga merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan.

Ia mengatakan, tugas Kades harus didasari dengan semangat pengabdian untuk membangun serta mewujudkan pembangunan yang lebih baik serta didukung dengan program yang berkualitas.

Perlu diperhatikan pula, lanjutnya, bahwa kualitas dan kinerja kades juga dapat terlihat dari maju mundurnya kemajuan sebuah desa. 

“Saat ini masih ada desa yang kurang terpantau, akibat lalainya program pemerintahan desa yang tidak berjalan seiring dengan keinginan masyarakat. Semua itu agar perencanaan dan program desa berjalan sesuai dengan kepentingan desa,“ tegasnya.[tomi]
Lebih baru Lebih lama