Tingkatkan Kemampuan Petani, BBPP Binuang Bina P4S Patra Mandiri

MARTAPURA - Salah satu cara untuk menjadikan petani itu kuat, adalah dengan menggabung petani dalam satu wadah atau organisasi. Hal ini juga diinginkan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, seperti anjuran untuk membentuk Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan lain sebagainya sudah menjadi keharusan.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) akan mudah untuk memberikan perhatiannya. Sebagai contoh, bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah akan ditujukan melalui P4S.

BBPP Binuang sebagai pembina dari P4S di seluruh wilayah Provinsi di Kalimantan tahun ini melaksanakan pembinaan ke beberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S. 

Pembinaan ini berupa pengembangan untuk pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada disekitar wilayah P4S.

Rabu 3 Juni 2020, BBPP Binuang melakukan kunjungan ke P4S Patra Mandiri di Desa Simpang Empat, Kab Banjar untuk melakukan pembinaan P4S. Adapun P4S ini bergerak di bidang Hortikultura seperti Cabe, Tomat, Rawit, Melon, Terong, Mentimun dan Kacang Panjang. 

Hasil panen dari P4S ini sudah memiliki pemasaran yang sangat bagus, hasil panen sudah langsung dijual ke supermarket Giant dan Lotte Mart yang ada di Banjarbaru. Selain itu, hasil panen juga dipasarkan langsung di pasar Martapura dengan membuka lapak penjualan produk hortikultura. 

P4S Patra Mandiri dengan luasan 13 hektare ini juga sudah sering melatih anak-anak SMA untuk magang, mahasiswa yang melakukan penelitian, studi banding dan beberapa kunjungan dari instansi lain untuk mempelajari pertanian. 

P4S Patra Mandiri ini juga telah banyak meraih penghargaan dan prestasi melalui petani-petani binaannya di antaranya petani terbaik tingkat kabupaten, petani berprestasi terbaik 2 tingkat provinsi dan Usaha Tani Terbaik I Yayasan Darma Bakti Astra Jakarta.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam pesannya mengatakan agar P4S P4S Patra Mandiri tetap berkontibusi dalam pembangunan pertanian dan mampu menggerakkan perekononiam desa melalui P4S ini. 

Ketua P4S Patra Mandiri, M Sukirno dan Ketua Gapoktan Kayuh Baimbai Misrani berharap agar P4S yang dipimpin beliau bisa lebih baik lagi dan BBPP Binuang sebagai pembina bisa tetap bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik. 

Dalam kunjungan kali ini, Misrani yang juga Fasilitator di P4S Patra Mandiri juga berharap kepada BBPP Binuang untuk membantu memasarkan produk P4S mereka melalui aplikasi jual online SIPROMIA milik BBPP Binuang yang menurut mereka sangat bagus di tengah kondisi pandemi Covid-19 sekarang.[advertorial]

Posting Komentar

0 Komentar