DLH bakal Aktifkan Program Bank Sampah

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya untuk mengelola sampah melalui program Bank Sampah Desa dan Kelurahan. 

Diketahui program ini telah berjalan sekitar tahun 2016 dan beberapa desa dan kelurahan sempat aktif menjalan program Bank Sampah ini. 

Diantaranya adalah Kelurahan Batupiring, Paringin Timur, Timbun Tulang, Paringin, Buntu Karau, dan Tungkap. 

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balangan, Agung Utomo mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan kelurahan dan desa yang sempat aktif kini tidak lagi. 

"Di antaranya adalah adanya penurunan harga beli sampah di pengepul dan kurangnya minat masyarakat membentuk bank sampah," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, saat ini persentase pengurangan sampah menurun untuk tahun 2019 ada 4.56 di tahun 2020 berkurang menjadi 2.68. 

Oleh karena itu, saat ini pihaknya mulai kembali gencar melaksanakan sosialisasi ke Kelurahan maupun ke Desa untuk kembali mengaktifkan lagi program Bank Sampah ini. 

Apalagi Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengeluarkan Surat Edaran tentang imbauan pembentukan bank sampah desa dan kelurahan. 

Saat ini menurutnya Kabupaten Balangan memiliki target pengelolaan sampah yang ingin dicapai dalam Jakstranas adalah 100 persen. 

"Target tersebut diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70%, adapun pencapaian bertahap sampai ada tahun 2025," ujarnya

Disebutkannya, melalui Surat Edaran itu Pemkab Balangan mengimbau agar membentuk kegiatan pengelolaan sampah skala desa/kelurahan melalui pembentukan bank sampah desa/kelurahan. 

"Pembentukan bank sampah ini dapat dikonsultasikan di Dinas LH melalui bidang yang menangani," katanya.

Oleh karena itu, mengimbau kepada masyarakat Balangan untuk dapat membentuk bank sampah, menjadi nasabah bank sampah serta berperan aktif menabung sampah sebagai tanggung jawab sosial bersama terhadap lingkungan dan manfaat bank sampah dapat dirasakan bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat Balangan.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar