Dinas Perikanan Kapuas Salurkan Bantuan Mesin Pakan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan

KUALA KAPUAS - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas kembali menyalurkan bantuan. Kali ini bantuan dari 
Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Direktorat Pakan dan Obat Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Bantuan berupa paket mesin pembuat pakan ikan tenggelam untuk 3 kelompok pembudi daya ikan (Pokdakan) yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kelompok yang mendapat batuan adalah Pokdakan Berkat Bersama di Desa Lupak Dalam, Kecamatan Kapuas Kuala, Pokdakan Kencana Subur di Desa Saka Tamiyang, Kecamatan Kapuas Barat dan Pokdakan Cahaya Baru Desa di Desa Sei Jangkit Kecamatan Bataguh.

Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya Ikan, Dinas Perikanan Kapuas, Fatmawati S.PI mengatakan, 
bantuan paket mesin pembuat pakan ikan tenggelam telah diserahkan kepada 3 Pokdatan tersebut baru-baru ini.

“Bantuan paket mesin ini sangat membantu masyarakat, karena salah satu kendala dalam usaha budidaya ikan adalah mahalnya harga pakan dan sering tak terjangkau untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah, sementara mereka ingin sekali bisa melakukan usaha Budidaya Ikan sampai panen,” kata Fatmawati, melalui pesan selular, Minggu (8/8/2021).

Menurutnya, dengan adanya bantuan paket mesin pembuat pakan tersebut, setidaknya akan menghemat biaya produksi sampai 50 persen kerena pakan dibuat sendiri dari bahan yang tersedia di lingkungan sekitar serta tidak membeli pakan buatan dari pabrik.

“Harapannya bantuan ini tidak di sia-siakan dan dapat dipelihara dengan baik serta berhasil guna dan berdaya guna untuk Pokdakan khususnya, serta untuk Pokdakan lain yang ada di sekitarnya, sehingga usaha budidaya Ikan bisa berhasil sampai panen dan masyarakat bisa meningkatkan perekonomiannya,” pungkas Fatmawati.[adv]

Posting Komentar

0 Komentar