Ini Kisah Keberadaan Makam Pahlawan Temanggung Jalil


PARINGIN - Keberadaan makam  Pahlawan Temanggung Jalil di Benteng Tundakan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan, hingga kini masih  menjadi kontroversi.

Pasalnya berbagai kisah tentang keberadaan  makam Pahlawan Tumenggung Jalil yang gugur dalam peperangan melawan Belanda di masa itu, masih menjadi misteri keberadaannya hingga kini.

Saat ditelusuri oleh Metrokalimantan keberadaan makam pahlawan Tumenggung Jalil yang tidak jauh dari area Benteng Tundakan, yang berada di areal kebun karet warga yang kondisinya seperti tidak terawat dengan baik bahkan beberapa bagian  pagar makam terlihat ambruk, Senin (18/10/2021).

Menurut, Juru Pelihara Makam dan Benteng Tundakan,  Jamali mengungkapkan, bahwa keberadaan makam Pahlawan Tumenggung Jalil memiliki beberapa versi keberadaannya.

"Sampai kini keberadaan makam pahlawan Tumenggung Jalil tidak jelas keberadaannya, Karena ada beberapa kisah dibalik keberadaan makam tersebut,"tuturnya.

Dikisahkannya, dalam pertempuran melawan Belanda, Tumenggung Jalil gugur sedangkan mayatnya ditemukan dalam tumpukan mayat-mayat serdadu Belanda, jauh di luar Benteng Tundakan.

Karena kebencian Belanda kepada Tumenggung Jalil sebagai musuhnya yang paling ditakutinya, pihak Belanda berusaha mencari dimana kuburan Tumenggung Jalil.

Hingga akhirnya penghianat perjuangan memberi tahu letak kuburan tersebut. Kemudian menurut kisah kuburan di dibongkar kembali oleh Belanda.

Menurut beberapa kisah, mayat dari Temanggung Jalil  ada yang tengkoraknya diambil dan disimpan Belanda, dan sisa mayatnya dihancurkan serta juga ada yang diambil kepalanya oleh Belanda oleh karenanya makam dari Pahlawan Temanggung Jalil masih tidak jelas keberadaannya.[martino]

Posting Komentar

0 Komentar