Berbagai Pertunjukan Meriahkan Mappanre Ri Tasi E tahun 2022

KEPALA Disbudporpar Tanbu, Hamaludin Tahir.| foto : joni

BATULICIN - Pesta pantai atau dikenal dengan Mappanre Ri Tasi E digelar Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di periode Mei 2022 ini. 

Berbagai event juga tersaji di momen pertunjukan etnis yang ada di Bumi Bersujud ini.

Kepada wartawan grapena.com, Kepala Disbudporpar Tanbu, Hamaludin Tahir, Rabu (11/5/2022) mengatakan, ada beberapa kegiatan yang digelar di Mappanre RI Tasi E ini.

"Pertama pertunjukan etnis yang ada di Tanah Bumbu di setiap malam harinya. Untuk kegiatan puncak jatuh pada 22 Mei 2022, ada parade kapal hias, baca doa selamat di atas kapal, juga pertunjukan kesenian serta ada lomba saji makanan seluruh etnis yang ada di Tanah Bumbu," paparnya.

Menurutnya, dalam lomba saji makanan seluruh etnis tersebut, diminta menyiapkan 100 porsi per etnis. Misalkan ada 20 etnis yang mengikuti lomba, dikalikan 100 porsi berarti ada 2000 porsi makanan yang disiapkan.

Selain itu, Disbudporpar Tanbu juga menggelar lomba balap ketinting yang dijadwalkan pada Sabtu Minggu, 14 hinga 15 Mei 2022 ini.

"Kita berharap event Mappanre Ri Tasi E tahun 2022 ini bisa terselenggara dengan sukses dan apa yang kita konsep dalam event ini bisa maksimal dan memuaskan masyarakat, serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar," harapnya.

Untuk kegiatan ini, Pemkab Tanbu mengimbau masyarakat, khususnya pengunjung untuk turut menyukseskan kegiatan ini.

"Dan kita jaga kebersihan lingkungan tempat wisata agar tetap terjaga keindahan tempatnya," pungkas Hamaluddin.[joni]