Koordinasi Tugas, Dinkes Kalsel Sambangi Kantor Dinkes Tanbu

BATULICIN - Koordinasi pengembangan tugas plus bimbingan wilayah dilakukan pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Selatan ke Kantor Dinkes Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (9/6/2022). 

Kedatangan rombongan yang dipimpin Sekretaris Dinkes Kalsel, Sukamto ini langsung disambut hangat Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi.

"Kedatangan kami ini terkait bimbingan wilayah. Kunjungan ini, tentunya yang pertama bersirahturahmi antara Dinas Provinsi dan Kabupaten. Kedua melakukan koordinasi dalam mengembangan tugas terkait kesehatan, di mana ada kewenangan provinsi dan mana kewenangan Kabupaten kota," paparnya.

Kemudian ketiga, lanjutnya, ada beberapa program prioritas dan strategis yang dikomunikasikan, sinergi antara provinsi dan daerag, serta permasalah-permasalahan perlu peran Dinkes kabupaten ataupun provinsi.

"Dari beberapa program tadi, salah satunya ada Bulan Imunisasi Anakl Nasional (BIAN), ini mengejar ketertinggalan cakupan imunisasi dasar yang selama ini ada ketinggalan kabupaten kota, sehingga perlu ditingkatkan," jelasnya.

Sementara itu, Kadis Setia Budi menambahkan, kunjungan Dinkes Kalsel ke Dinkes Tanbu dalam rangka koordinasi wiliyah.

"Pada dasarnya, dari evaluasi ini setelah melalui paparan, ada beberapa hal, baik terkait pencapaian SPM yang ada di 12 kabupaten. Kami akan diberi masukan oleh provinsi bagaimana pencapaian SPM itu nanti di tahun 2022," bebernya.

Ia berharap SPM di tahun 2022 ini bisa lebih baik lagi, karena bersamaan dengan menurunnya angka Covid-19 di Tanah Bumbu dengan status level 1. Kemudian terkait dengan vaksinasi anak-anak yang sekolah, sudah digalakkan juga.

"BIAN inikan imunisasi untuk anak-anak agar bisa terhindar dari campak. Jadi kita berharap dengan kedatangan rombongan tim provinsi, baik semua Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Sekretaris Dinkes Kalsel, bisa memberikan semangat kepada jajaran Dinkes Tanah Bumbu," tutup Budi.[joni]