Bupati Ben Dampingi Kunjungan Gubernur dan Forkopimda Kalteng Tinjau Pasar Penyeimbang

KEGIATAN pasar penyeimbang di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat bersama Forkopimda Kabupaten Kapuas dampingi kunjungan Gubernur  Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran dan rombongan meninjau pasar penyeimbang yang digelar di dua titik di Kuala Kapuas, Selasa 11 Oktober 2022.

Kunjungan Gubernur Kalteng turut didampingi Wakil Gubernur, H Edy Pratowo, Forkopimda Kalteng serta Anggota DPR RI Dapil Kalteng, H Agustiar Sabran.

Rombongan Gubernur Kalteng meninjau pelaksanaan pasar penyeimbang di Kecamatan Selat dan Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.

Gubernur di sela-sela kunjungannya mengatakan, pasar penyeimbang ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dalam menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketahanan pangan, sehingga mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kegiatan pasar penyeimbang ini merupakan instruksi dari bapak Presiden Jokowi untuk menangani inflasi di," kata H Sugianto Sabran.

Dikatakannya, pasar penyeimbang bagian dari upaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan barang penting (Bapokting) di pasaran serta menekan laju inflasi  pasca kenaikan harga BBM.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S. Bahat menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Gubernur dan rombongan di Bumi Panunjung Tarung untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam pelaksanaan pasar penyeimbang di Kapuas ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng menyiapkan sekitar 10.000 paket sembako untuk masyarakat Kapuas.

Rinciannya, masing-masing 4.000 paket di Kecamatan Selat Stadion Panunjung Tarung, 2.000 paket di Kapuas Timur, dan sisanya di beberapa titik di Kabupaten Kapuas.

Paket tersebut berisikan beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 2 liter dan susu kaleng 1 buah.

Paket sembako sebanyak 10.000 dengan nilai Rp150 ribu per paket, awalnya disubsidi  Pemprov Kalteng sebesar  Rp100 ribu, sehingga nilai per paket hanya Rp50 ribu.

Alhasil, seluruh paket sembako dibagikan secara gratis seluruhnya, atas bantuan Anggota DPR RI Dapil Kalteng, H Agustiar Sabran yang menyumbangkan dana resesnya untuk memborong paket sembako tersebut.[aan/adv]