Bazar Mini UMKM Diharapkan dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Bartim

Bazar Mini UMKM Diharapkan dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Bartim

SEKDA Bartim, Panahan Moetar (baju orange) saat meninjau persiapan Bazar Mini UMKM.| foto : yovan

TAMIANG LAYANG - Untuk memastikan persiapan Bazar Mini UMKM di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur (Bartim) yang perdana digelar pada Sabtu 
19 November 2022.

Sekda Kabupaten Bartim, Panahan Moetar didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM serta Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten setempat meninjau langsung persiapan Bazar Mini UMKM di Taman Nansarunai Tamiang Layang tersebut, Jumat (18/11/2022).

Selain mengecek kesiapan, Panahan juga memberikan arahan-arahan kepada semua Dinas yang terlibat sehingga kegiatan bazar nanti dapat berlangsung dengan baik.

"Informasi yang saya terima sudah ada 30 pelaku UMKM yang mendaftar, selain yang sudah berjualan rutin disini," ungkapnya kepada awak media.

Dijelaskannya, Bazar Mini UMKM tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Expo Bartim 2022 beberapa bulan lalu sebagai program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 serta untuk menekan laju inflasi.

"Ini jadi stimulus dari pemerintah daerah untuk pelaku UMKM, mudah-mudahan dengan Bazar Mini ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita dan inflasi bisa ditekan," tuturnya.

Sebagai pemilik lokasi, lanjutnya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga juga akan memungut retribusi parkir yang ditempatkan di depan lapangan tenis indoor.

"Mudah-mudahan ini juga dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah kita dari retribusi parkir," harapnya.

Pemerintah Daerah, tambahnya, akan terus mengevaluasi kegiatan tersebut sekaligus menata penjual makanan dan minuman yang setiap hari berjualan di Taman Nansarunai sehingga ditemukan formula pemberdayaan UMKM yang paling baik.

"Tahun depan kita upayakan dengan melibatkan sponsor membuat booth yang seragam untuk penjual makanan itu supaya tidak merusak estetika taman," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bartim, Berson memastikan, selain di Tamiang Layang, Bazar Mini UMKM di Kota Ampah juga mulai digelar pada hari Minggu 20 November 2022.

"Di Ampah akan rutin kita laksanakan setiap hari Minggu dan saat ini kami sedang mempersiapkan tempatnya," tukasnya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama