Kecamatan Batumandi Terus Berupaya Masyarakatnya Miliki Admistrasi Kependudukan Merata

Kecamatan Batumandi Terus Berupaya Masyarakatnya Miliki Admistrasi Kependudukan Merata

PENYERAHAN dokumen oleh pihak kecamatan ke masyarakat desa.| foto: istimewa

PARINGIN - Pemerintah Kecamatan Batumandi berikan kemudahan untuk masyarakatnya dalam mendapatkan pelayanan kependudukan melaui sebuah inovasi Pelayanan Aksi Kecamatan Ke Desa (Pak Kedes) pada tahun 2022.

Dijelaskan oleh inovator dari Pak Kedes, Yudhi Arisa Putra, pokok masalah yang menjadikan inovasi ini terbentuk adalah melihat Masyarakat Kecamatan Batumandi mengalami berbagai kendala seperti jauhnya jarak dari kecamatan ke desa dan sebagian besar kondisi ekonomi masyarakat kurang mampu, juga transportasi yang sulit ditemukan untuk menuju ke kantor kecamatan batumandi.

"Salah satu faktor terbentuknya inovasi adalah masyarakat kita sebagian besar sebagai petani karet yang bekerja dari pagi sampai sore sehingga sulit untuk mengurus berbagai macam administrasi kependudukan," jelasnya saat dikonfirmasi melaui Whatsapp, Rabu (6/12/2023).

Selain itu Yudi, memaparkan memgenai tujuam dari inovasi Pak Kedes adalah, memberikan kemudahan bagi Masyarakat Kecamatan Batumandi dengan membentuk tim jemput bola dengan mengkoordinasikan ke kepala desa untuk pendataan penduduk yang belum mengurus administrasi kependudukan dengan membantu kepengurusan administrasi kependudukan.

"Jadi kita punya tim yang di terjunkan kelapangan guna menyasar masyarakat kita yang masih belum mengurus adminsitrasi kependudukan," paparnya.
Selain itu ia berharap melalui inovasi ini masyarakat yang ada di Kecamatan Batumandi bisa merata memiliki administrasi kependudukan tanpa ada alasan jarak dan sebagainya.

"optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan melalui Pak Kedes (Pelayanan Aksi Kecamatan Ke Desa) dengan CAH (Carii, Ambili, Hantarkan) dalam rangka mempercepat masyarakat untuk memperoleh layanan kependudukan khususnya di Kecamatan Batumandi," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama