Pelatihan Wawasan Jurnalistik, Diskominfo Kapuas Sampaikan Materi Bijak Bermedsos

Pelatihan Wawasan Jurnalistik, Diskominfo Kapuas Sampaikan Materi Bijak Bermedsos

GUSTI Mahfuz, Narsum dari Diskominfo Kapuas pada acara pelatihan wawasan jurnalistik dan kehumasan PWI Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Media Sosial (Medsos) merupakan media online yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan interaksi sosial secara online, akan tetapi dari berbagai kemudahan tersebut, juga harus diiringi dengan tetap bijak menggunakan media sosial.

Seperti yang diungkapkan, Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Kapuas Gusti Mahfuz ketika menjadi narasumber pada pelatihan wawasan jurnalistik dan kehumasan yang digelar PWI Kapuas, Kamis (16/5/2024) di aula Rujab Bupati Kapuas.

Gusti menyampaikan materi bijak bermedia sosial dan pemanfaatan sistem informasi yang terintegritas dalam mendukung peran Humas di organisasi.

"Pengguna media sosial tentunya harus bisa bijak dalam memanfaatkan layanan-layanan online yang tersedia," ujar Gusti.

Ia juga menyampaikan, beberapa tips bijak yang dapat dilakukan pengguna media sosial seperti melakukan pengecekan terlebih dahulu informasi yang didapatkan jika berasal dari sumber yang tidak jelas. 

Menurutnya, pengguna media sosial juga harus jeli membedakan berita maupun informasi hoaks dari nama dan situs media yang tidak jelas serta terkadang memiliki judul informasi yang provokatif. 

“Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang didapatkan, pastikan dahulu kejelasan isi berita atau informasi yang didapatkan dari beberapa sumber lainnya. Pengguna media sosial juga diharapkan untuk tidak membagikan informasi atau data pribadi secara mudah kepada orang lain dalam media sosial,” kata Gusti Mahfuz.

Gusti menekankan bahwa media sosial harus digunakan sebagai sarana positif yang mendukung pertumbuhan pribadi dan masyarakat, baik untuk sarana komunikasi maupun sarana lainnya.[surya/adv]
Lebih baru Lebih lama