Pemkab Balangan bersama Adaro Group Terus Berupaya Turunkan Angka Stunting

PEMKAB Balangan bersama Adaro Group berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di Balangan.|foto : martino

PARINGIN - Stunting merupakan hal serius yang perlu sekali untuk di cegah di tangani bersama. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Balangan terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka stunting. 

Salah satu upaya tersebut adalah menggandeng Adaro Group dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pelaku program percepatan stunting di Balangan melalui Pokja BALANTING (Balangan Lawan Stunting) dengan kader peserta dari 28 desa di 7 kecamatan di Balangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Balangan, Sutikno menyambut baik komitmen yang dilaksanakan Pemkab Balangan bersama Adaro Group terkait percepatan penurunan angka stunting tersebut.

“Jadi komitmen kita bersama dengan kawan-kawan dari swasta, dari perusahaan-perusahaan baik Adaro Group mungkin kawan-kawan stakeholder yang lain bahkan melibatkan semua stakeholder terutama sampai ke level desa. Jadi sangat baik sekali komitmen kita terkait dengan masalah stunting ini yaitu bahwa kita telah membuktikan dukungan dari pemerintah daerah melalui program yang tersedia dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang khususnya yang masuk dalam program RPJMD Kabupaten Balangan di 2023 termasuk juga di perubahan akan kita dukung,” jelasnya.

Sutikno berharap, melalui adanya sinergitas antara pihak swasta atau semua stakeholder masalah stunting tidak lagi menjadi tanggung jawab satu atau dua komponen akan tetapi semua bergerak.

“Mudah-mudahan angka yang ditargetkan 14 persen itu bisa tercapai di tahun ini,” harapnya.

Sementara itu, CSR Departemen Head PT Adaro Indonesia, Leni Marlina mengungkapkan, pihaknya memiliki beberapa tahapan dalam program penurunan stunting di Balangan.

“Kalau dari Adaro Group sendiri itu ada stimulan terhadap makanan-makanan dan konsen. Ibu-ibu hamil dan anak-anak yang stunting atau bayi-bayi yang stunting itu juga jadi konsen kita tersendiri,” jelasnya.

Terkait komitmen bersama ini, Adaro Group juga telah bekerjasama dengan Meda Pradita Konsultan yang nantinya melakukan skrining di 28 desa yang jadi target sasaran penurunan angka stunting.

“Yang jelas untuk komitmen kita di 28 desa tetap kita jalankan. Harapan kita semua mudah-mudahan ke depan angka penurunan stunting di Kabupaten Balangan lebih signifikan. Tentunya ini bisa jadi penguatan di Balangan supaya anak kita menjadi anak-anak yang usia lebih produktif,” pungkasnya.[martino]